Jumat, 09 Agustus 2013

#‎Pembantu‬ Mengatur ‪#‎Juragan‬


- Ada juragan, satu waktu dia mau pergi kerja pakai motor. Eh, terus pembantunya bilang, "Gan, jangan pakai motor, tidak pantes, masak Boss pakai motor. Lagian nanti mobilnya nganggur". PADAHAL: sang juragan tahu bahwa ini adalah jam macet dan dia ada meeting penting.

- Satu waktu di hari libur, juragan pakai baju resmi kayak mau kerja. Terus pembantunya komen, "Gan, hari libur kok pakai baju resmi, diganti aja gan, gak pas". PADAHAL: sang juragan mau menghadiri undangan resepsi pernikahan.

- Satu waktu lagi, juragan bagi-bagi duit ke semua pegawai. Ini pembantu komentar lagi, "Gan, ngapain bagi-bagi duit, jangan boros gan". PADAHAL: itu duit THR yang jadi kewajiban sang juragan membayarnya.

Nah, pembantu yang komentar tanpa ilmu kayak begini, mungkin dia merasa bener, merasa bijak, merasa tidak salah. Namun yang tahu kondisi juragannya, pembantu ini pasti dibilang sok pinter, sok tahu alias sotoy. Sok mengatur majikannya.

Nah, ini Allah berfirman dalam banyak ayatNya bahwa Allah beristiwa di atas Arsy, bahwa segala amal shalih akan naik ke sisiNya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun dalam sabdanya bahwa beliau Isra Mi'raj ke langit menuju Allah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membenarkan perkataan seorang budak yang ketika di tanya "Di mana Allah?" maka si budak menjawab "di langit". Terus ada hambaNya yang komentar, "Tidak mungkin Allah di langit, tidak mungkin Allah di Arsy, kalau gitu Allah butuh langit dong, butuh Arsy dong? Allah itu tidak di atas tidak di bawah, tidak di depan tidak di belakang, tidak di kiri tidak di kanan, Allah itu ada tanpa arah!"

Pas Allah berfirman dalam banyak ayatNya bahwa nanti langit akan digulung dengan tangan kananNya, tangan Allah terbuka lebar, tangan Allah itu di atas tangannya orang-orang mukmin dan lain-lain. Terus ada hambaNya yang komentar, "Tidak mungkin Allah punya tangan, itu hanya kiasan dari kekuasaan Allah".

Nah, mirip dengan sang pembantu tadi, hamba seperti ini pun tak salah kalau kita bilang sok pinter, sotoy. Allah berfirman begini, dia berkata tidak mungkin, tidak cocok, tidak sesuai. Ini namanya pembantu mau ngatur-ngatur juragannya, hamba yang mau mengatur Rabbnya.

*Dikutip dari status Amrullah Akadhinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar